Blogger MEMBENTUK KEPRIBADIAN PEMUDA INDONESIA YANG BERSEMANGAT JUANG,SPORTIF,DAN SINERGIS DALAM PEMBANGUNAN BANGSA - suryahandayana
YAKIN & BERMANFAAT

Thursday 3 May 2012

MEMBENTUK KEPRIBADIAN PEMUDA INDONESIA YANG BERSEMANGAT JUANG,SPORTIF,DAN SINERGIS DALAM PEMBANGUNAN BANGSA

Pemuda Indonesia dengan kepribadian yang tertanam dalam jiwanya akan mampu berpengaruh besar dalam menentukan arah dan langkah bangsa ketika menghadapi persoalan-persoalan kini dan di masa depan. Untuk itu, Pemuda Indonesia harus terus-menerus mempersiapkan diri, baik secara individu maupun bersama-sama untuk memupuk, memelihara dan memperkokoh kepribadian Indonesia. Pemuda diharapkan tetap terus menempa dirinya menjadi pribadi-pribadi yang memiliki kematangan intelektual, kreatif, percaya diri, inovatif, dan memiliki kesetiakawanan sosial dan semangat pengabdian terhadap masyarakat, bangsa dan negara yang tinggi.
Pemuda Indonesia harus memiliki semangat solidaritas yaitu pemuda yang mampu menumbuhkan empati, sosial, merasakan penderitaan orang lain dan memiliki kemampuan untuk berbagi rasa. Pemuda yang berintregrasi yakni pemuda yang berakhlak mulia, jujur, terbuka, serta memegang teguh komitmen, sedangkan pemuda yang profesional yaitu memiliki etos kerja, kreatif, inovatif, terampil, tingkat produktivitas tinggi dan berdaya saing. Karakter yang kokoh dicirikan semangat patriotic, jiwa nasionalis, jati diri yang mengakar, wawasan luas, kecerdasan yang mencerahkan, kepedulian yang merekatkan dan keteguhan untuk bersatu yang semuanya dinaungi oleh nilai-nilai Pancasila dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pemuda memiliki semangat untuk berubah dan kemampuan untuk melakukan perubahan, begitu dominannya peran pemuda dalam melakukan perubahan. Oleh karena itu, pemuda disebut sebagai Agen Perubahan (Agen of Change)
Pemuda dipilih sebagai agen of change karena memiliki potensi yang besar dalam melakukan perubahan terhadap kondisi bangsa Indonesia. Mentalitaslah yang berperanan penting dalam menjaga sikap mereka perjuangan bangsa ke depan, tidak goyah, dan tidak lemah serta menjunjung sportifitas. Pemuda yang memiliki mentalitas tanggung, semangat juang yang tinggi dan sportifitas tinggi merupakan solusi semua problematika yang dihadapi Indonesia. Pemuda yang memiliki mentalitas, semangat juang dan sportifitas tinggi harus memiliki karakteristik sebagaimana berikut,
1. Berilmu, berakhlak, berintegritas, professional, dan pandai
2. Mampu membuat keputusan dan bertanggung jawab atas keputusannya
3. Mampu mempengaruhi bukan dipengaruhi dan mampu menjadi contoh
4. Bersedia mendengar masukan dan kritik
5. Bisa memberi semangat dan motivasi
Pemuda yang memiliki mentalitas, semangat juang dan sportifitas tinggi memiliki beberapa kepandaian mendasar untuk melakukan inovasi antara lain :
1. Pandai mengurus diri dan organisasi, termasuk mengatur waktu, keperluan diri sendiri, dan kerja
2. Pandai mendengar dan menghormati apapun pendapat dan kritikan
3. Pandai menganalisa dalam membuat keputusan
4. Pandai berkomunikasi dengan bahasa yang santun
5. Pandai menulis dan mendokumentasi dan mengerti Iptek.
Pemuda dinilai memiliki peran strategis dalam proses pembangunan bangsa, terlebih sebagai kontrol sosial dan agen perubahan dalam segala aspek pembangunan nasional. Sebagai tulang punggung pembangunan nasional, pemuda harus mampu dan dituntut untuk berperan aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan di berbagai aspek pembangunan nasional. Pemuda merupakan tonggak kemajuan bangsa ini. Karena itu, kaum muda harus terlibat aktif dalam proses pembangunan nasional.

0 komentar:

Post a Comment