Wednesday, May 1, 2013

KEBANGKITAN NASIONAL UNTUK MENANAMKAN CINTA TANAH AIR

Kebangkitan Nasional adalah kemampuan dari seluruh elemen bangsa dalam mengejawantahkan sikap luhur, tulus dan ihklas membela kepentingan rakyat bangsanya, tanpa harus memilih dan memilah siapa yang dibelanya. Kebangkitan Nasional diawali dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Tujuan organisasi ini awalnya adalah untuk menyamakan persepsi bahwa perjuangan tidak bisa dilakukan secara sporadis. Dan perjuangan dialogis akan membawa dampak lebih besar ketimbang kekerasan. Boedi Oetomo menempuh jalur pendidikan, kesehatan, dan dialog sebagai strategi. Secara spiritual mereka juga menanamkan nilai-nilai kecintaan terhadap tanah air, menolong orang tanpa pandang bulu, dan mencintai sesama
Kebangkitan Nasional menjadi tonggak dalam menentukan visi dan misi masyarakat dalam membangun kehidupan yang lebih baik. juga sebagai titik tolak perjuangan harus dimulai dari upaya menghargai budaya sendiri yang saat ini sudah mulai ditinggalkan generasi muda Indonesia. Ketika generasi muda sudah tidak lagi menghargai budaya bangsanya, rasa dan jiwa nasionalisme pun otomatis akan pudar. Kebangkitan Nasional mestinya menjadi momentum bagi tunas-tunas muda harapan bangsa bangkit dan berjuang untuk melepaskan Indonesia dari belenggu krisis, terutama krisis moral.
Kebangkitan Nasional di era reformasi harus diartikan :
1. Sebagai gerakan yang dapat membangkitkan semangat dan kesadaran generasi muda untuk mempertahankan serta meningkatkan kualitas bangsa Indonesia. Rasa cinta tanah air harus semakin dipupuk sehingga jiwa dan semangat angkatan 45 bisa kembali dikobarkan melawan kolonialisme semu seperti penjajahan ekonomi serta sikap primordial yang mengarah pada disintegrasi bangsa.
2. Adanya komitmen bersama seluruh rakyat Indonesia berupa upaya revolusioner memberantas KKN yang telah menjadi biang kehancuran ekonomi negara kita, dan membangkitkan kembali kecintaan kepada tanah air dengan tidak mengobral aset-aset negara kepada pihak asing. (mengakomodir kepentingan lokal secara adil dan fair)
Apa yang akan terjadi bila bangsa yang besar ini tidak lagi memiliki rasa cinta tanah air dari warga negaranya sendiri ? Dipastikan perjuangan para pahlawan kita terdahulu akan sia-sia dan perpecahan akan terjadi dimana-mana bahkan kondisi terburuk yang akan terjadi adalah bangsa ini akan tinggal kenangan belaka. Atas dasar itulah kita sebagai generasi penerus bangsa perlu untuk menanamkan kembali rasa cinta akan tanah air dan perlu saling memahami segala perbedaan yang ada, bukannya malah saling mementingkan kepentingan sendiri dan golongan.
Mencintai tanah air dan bangsa berarti :
1. Kita harus dapat mengenal dan menghayati, adat istiadat dan kehidupan bangsa Indonesia yang beraneka ragam coraknya dari seluruh tanah air.
2. Mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan di berbagai aspek dimana pelaku pembangunan mempunyai moral dan mental yang baik, mempunyai jiwa nasionalis. bukan pelaku Kolusi Korupsi dan Nepotisme (KKN)
3. Mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang Good Governance dalam pelaksanaan pembangunan di berbagai aspek serta pelayanan masyarakat yang lebih prima.
Berbagai hambatan dan rintangan dalam memupuk rasa cinta tanah air yang merusak tatanan hidup bangsa dan mematikan kebersamaan dan nasionalisme antar lain :
1. semakin membudayanya korupsi di Indonesia
2. mentalitas dan moralitas manusia yang tidak mau melaksanakan tugas,
3. fanatik kedaerahan, fanatik suku, fanatik agama, indiviualis dan egois,
4. mementingkan kepentingan pribadi atau golongan diatas kepentingan umum,
5. kurang penegakkan hukum dan kurang berpihak pada kebenaran,
6. pembiaran penjualan miras yang merusak masa depan anak bangsa,
7. kurangnya hak-hak hidup warga negara yang menyebabkan tidak tercapai kesejahteraan,
8. segala aspek pembangunan dipolitisir yang merugikan manusia dalam aspek lainnya

Diharapkan melalui Kebangkitan Nasional timbul gerakan yang dapat memersatukan bangsa Indonesia sehingga kokoh dan kuat menghadapi segala macam hambatan dan gangguan serta mempunyai makna kesadaran akan pentingnya pelestarian nilai-nilai kebangsaan, patriotisme dan nasionalisme dalam rangka memperkokoh komponen bangsa untuk bersatu, bangkit bersama membangun kearah kemajuan dan kemandirian bangsa serta mencapai masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur.

No comments:

Post a Comment