Blogger August 2011 - suryahandayana
YAKIN & BERMANFAAT

Friday 26 August 2011

Mencari benda berharga

Mintalah peserta untuk berdiri dan membentuk lingkaran. Instruksikan peserta untuk memikirkan benda apa yang paling berharga yang ada pada dirinya. Ajak semua peserta untuk meyakini bahwa yang dimilikinya tersebut adalah benda yang paling berharga dan harus dilindungi sebisa mungkin. Jangan biarkan peserta lainnya tahu tentan benda berharga kita itu, rahasiakan. Cukup kita sendiri yang tahu. Setelah itu, para peserta diminta untuk memikirkan di mana tempat untuk menyembunyikan benda berharga tersebut. Setelah ada ide tempat menyembunyikan langsung dengan cepat sembunyikan dan jaga hanya kita saja yang tahu tempat persembunyian itu. Semuanya rahasia. Bebaskan peserta untuk menyembunyikan barang berharga tersebut di mana saja asal tersembunyi. Kemudian, minta peserta untuk berkumpul kembali. Fasilitator kemudian membentuk kelompok kecil yang terdiri dari 4 – 5 orang. Setelah kelompok terbentuk, minta mereka untuk membentuk lingkaran kecil namun masing-masing orang menghadap keluar, sehingga saling memunggungi. Lalu, minta mereka untuk saling menyilangkan tangannya satu sama lain. Silangan tangan harus kuat, tidak mudah lepas. Ada aturan dalam permainan itu, tidak boleh berkomunikasi dalam bentuk apapun. Semua orang harus menutup mulutnya rapat-rapat. Setelah mereka mengerti aturan ini, mintalah masing-masing kelompok kecil yang ada untuk berlomba. Lombanya adalah adu kecepatan mengumpulkan barang-barang berharga yang disembunyikan oleh masing-masing orang yang berada di masing-masing kelompok. Barang-barang yang disembunyikan tersebut tidak boleh diambil dengan tangan, karena tangan harus terus berpegangan, bersilangan, satu sama lain. Lingkaran harus tetap kuat. Terserah peserta untuk mengambil barang berharga miliknya dengan menggunakan apa saja. Akan terjadi tarik menarik dan gerak tidak tidak terkoordinasi antar peserta yang ada di kelompok-kelompok. Mereka tidak berkomunikasi menyebabkan mereka harus mencari jalan lain untuk berkoordinasi agar menjadi tercepat dalam mengumpulkan barang. Barang yang tidak boleh diambil dengan tangan juga memaksa peserta untuk bekerjasama satu dengan yang lain. Pelajaran dari permainan ini adalah, pertama, komunikasi sangat penting untuk membangun koordinasi yang kuat. Kedua, kerjasama harus diutamakan karena mengambil barang tanpa tangan bukanlah hal yang mudah.

Running Free

In pairs, one person is blindfolded. Holding hands, the blindfolded person is lead gradually from a slow walk up to fast running. Swap. Running Free • Find a large, flat area with soft ground, e.g., grass • Make sure people are warmed up, stretched and ready for running • Invite participants to find a partner • Hand out one blindfold per pair • One person puts the blind fold on and holds hands with participant • Ask the seeing person to take their partner on a: o slow walk (~a couple of minutes) o a normal-paced walk (~1 minute) o a fast walk (~30 secs) o a jog (~30 secs) o a run (~15 secs) o a fast run (~15 secs) • Allow participants time to relax, swap over, and then take them through the same sequence • Equipment: large area preferably with soft ground for falling, e.g, grass. • Time: ~20 mins per person in group Brief description: • In pairs, one person is blindfolded. Holding hands, the blindfolded person is lead gradually from a slow walk up to fast running. Swap.

Two line bridge

Two line bridge dalam kegiatan outbound adalah kegiatan high roof dengan medium impact, namun memiliki nilai pembelajaran yang berdampak luar biasa: 1. Pengaturan strategi, kerja sama, kekompakan merupakan syarat utama menuju keberhasilan tim 2. Memahami adanya saling ketergantungan antarsesama pasangan 3. Komunikasi inter personal merupakan kata kunci untuk menyamakan persepsi dan keterpaduan langkah demi mencapai keberhasilan 4. Konsentrasi, kecepatan, ketepatan, kesiapan, dan focus pada pekerjaan sangat dibutuhkan untuk memenangkan kompetisi yang semakin keras 5. Strategi dan perencanaan sangat diperlukann 6. Kerja sama kelompok dan saling tergantung satu sama lain, setiap anggota bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya masing – masing. Dalam pelaksanaan outbound di lapangan kegiatan ini mengarah kepada nilai – nilai komunikasi, disiplin diri dan kemampuan menyatukan kehendak, ego dan aktualisasi diri.

BLIND WALK

OBJECTIVES: • Students will experience what it would be like to be without the sense of sight. • Students will be good partners and will safely guide each other on blind walks. • Students will identify three things on their blind walk by using their other senses besides sight. • Students will discuss what they learned from their blind walk with the whole class. • Students will think about what kinds of questions they would like to ask our blind visitor, who will be coming to talk to the students the following day. MATERIALS: • eight blind folds • whistle • chart paper and marker PROCEDURES: Introduction /Anticipatory Set 1. Have students come meet on the carpet and assign everyone a partner. 2. Tell the students that they have learned a lot about why their senses are important to them, now you want them to experience what it might be like to be without one of their senses. Explain that everyone is going to have a chance to see what it feels like to be blind. 3. Inform the students that they will be going on a blind walk. Tell them that you are going to pass out blind folds, one to each set of partners, after you are through giving the directions 4. Now, tell the students that one partner will be the guide while the other partner wears the blindfold. It is very important that the guides keep their partners safe. They must tell them when steps are coming and they absolutely cannot allow them to bump into anything. 5. Explain to the guides that their job is to lead their blind partners outside to the playground, where they will choose three things for their partners to try to identify using their other senses besides their sight. Ask the students to quickly review what these other senses will be. 6. Tell the students that you will blow a whistle after 10 minutes and then the partners should switch jobs so that everyone has the chance to be blind. 7. Explain that when the students are blindfolded, you want them to pay close attention to what is going on around them. What kinds of sounds do they hear when they are outside. What do different areas of the playground feel like under their feet. 8. Ask the partners to decide who will want to be blind first. Distribute the blind folds to the appropriate partner. Sequence of Instruction 1. Tell the students to help each other put on their blindfolds. Then ask the guides to lead their partners carefully to the line. Before leading the students outside, explain that if they can still see under their blindfold, they should close their eyes, because you really want them to have a chance to see how it feels to be blind. 2. Allow the students to lead their partners around on the playground for about 10 minutes. Suggest to them that they take their partners to all different areas, on the grass, on the blacktop, and on the play equipment. 3. Remind the students that the guides need to find three things for their blind partner to identify. 4. After 10 minutes, blow the whistle and ask everyone to switch their blindfolds. 5. Allow the students to roam around for 10 more minutes, and then blow the whistle again, signaling all of the guides to lead their partners into line. Tell the students to leave their blindfolds on until they get back to the classroom. Closure 1. Group the students at the carpet once again and collect the blindfolds. Begin a discussion about their blind walk. How did it feel to not be able to see? What kinds of sounds did they notice outside. Could they tell what part of the playground they were on by the way the ground felt under their feet? Were they able to correctly identify the objects their guides gave them? What senses did they use to identify the objects? 2. After exhausting all of the student comments about their blind walk, explain to them that they are going to have a visitor come and talk to them tomorrow that is actually blind and uses a seeing eye dog to help her get around. Tell the students that you are excited that they are going to learn more about what it is like to be blind by listening to her and by asking her some good questions. 3. Prepare the students for the visit by asking them if they can think of some questions they would like to ask the blind woman ahead of time. You can write down the questions as they think of them on a piece of chart paper. 4. After the students are done volunteering different questions they would like to know more about, read over the list you have made out loud to the students, and then ask them to try to read it along with you once again. EVIDENCE OF STUDENTS ACHIEVING OBJECTIVES: 1. Students will gain insight on what it would be like to be without their sense of sight by keeping their blindfolds on and cooperatively going on a blind walk with a guide for 10 minutes. 2. Students will demonstrate that they can be good guides by safely guiding their blind partners around the playground. 3. Students will demonstrate that they can use their other senses other than sight by identifying three unknown objects without using their eyes, and then discussing what they discovered with the class. 4. Students will express what they learned on their blind walk by discussing what it felt like to not be able to see and by discussing what other senses they used. 5. Students will become prepared for their visitor by thinking of several questions that they think they would like to know more about in order to help them learn what it must be like to be blind, and how a blind person gets around. ADAPTATIONS/RETEACHING IDEAS: 1. A lot of prompting might be necessary when thinking of questions for the blind visitor. Prompt the students to ask questions that might help them learn how blind people get around on their own and do daily chores. Also arouse their interests to ask the visitor about her favorite hobbies so they can discover if blind people enjoy doing some of the same things they do. EXTENSIONS: 1. This activity might be a good one to refer back to and write a short class story about. 2. Explain to students that many blind people donĂ•t need a person to guide them because they use a cane which they move back and forth in front of them. Allow the students to take turns throughout the day trying to get around the room with their eyes closed using a cane. REFLECTIONS: 1. Did this turn out to be a safe lesson? Were the students good guides? 2. Was the lesson run efficiently? 3. How did the students respond to the lesson? 4. Were the students adequately prepared for the visitor?

Cara Mengembalikan Password Facebook yang di Hack

Cara Mengembalikan Password Facebook yang di Hack, Bagaimana cara mendapatkan kembali akun Facebook kamu yang di hack?. Nah, bagi orang yang punya akun Facebook dibobol password dan email-nya alias kena hack, bisa menggunakan halaman Facebook help center security. Dari situ kamu akan dituntun cara mendapatkan kembali akun FB yang di hack sama orang lain. Ada 3 jenis form yang diberikan sebagai cara mengembalikan Facebook yang di hack: 1. My Account Has Been Hacked And I Have Access To My Login Email https://ssl.facebook.com/help/contact.php?show_form=hacked_self_recovery Form ini digunakan jika akun FB kamu dibobol tapi email yang digunakan untuk login Facebook masih bisa befungsi, dan emailitu masih bisa diakses untuk menerima dan mengirim pesan. 2. My Account Has Been Hacked And My Login Email Has Been Changed http://www.facebook.com/help/contact.php?show_form=hack_login_changed Jika email yang digunakan untuk login sudah diubah oleh hacker tapi email yang digunakan untuk login ke Facebook masih bisa diakses untuk menerima dan mengirim pesan (email tidak ikut dihack), gunakan form ini untuk mengembalikan akun FB-mu. 3. My Account Has Been Hacked and I Don’t Have Access To My Login Email http://www.facebook.com/help/contact.php?show_form=hack_nologin_access Nah, ini yang paling parah. Username, password Facebook dan email kamu di curi sekaligus oleh hacker. Form ini bisa membantu untuk mengatasi dan mendapatkan kembali akun Facebook yang di hack, tapi tidak emailnya. Untuk mengembalikkan email yang juga dihack, silahkan menghubungihelp support tempat email dibuat. Contoh email phising Facebook yang digunakan untuk nge-hack orang lain Dalam menggunakan form diatas, agar mengisi semua data-data yang diminta dengan benar. Pengisian data harus benar-benar sesuai dengan akun Facebook yang kena hack. Mulai dari alamat email, nama tanggal lahir dan lain-lain. Setelah semua diisi, silahkan mengklik tombolsubmit, kemudian pihak Facebook akan menginvestigasi dan memberikan konfirmasi secepatnya. Saya sudah pernah mencoba dengan cara ini dan berhasil mengembalikkan akun FB yang kena hack. Semoga fesbukers yang akunnya dijahili sama orang lain bisa mendapatkan kembali akun Facebook-nya. Sumber Label: Cara, facebook, hack, password

Thursday 18 August 2011

Bahasa Tubuh dalam Komunikasi

Komunikasi adl bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi satu sama liannya, sengaja/tdk sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni dan teknologi (shannon & Weaver, 1949) Komunikasi terdiri dari 2 jenis : 1. Komunikasi verbal : proses komunikasi melalui bahasa dan kata-kata yang diucapkan 2. Komunikasi non verbal : penyampaian arti/pesan tanpa kata-kata yang tercermin pada bahasa tubuh dan intonasi verbal BAHASA TUBUH Merupakan salah satu jenis komunikasi non verbal Fungsi Bahasa Tubuh : 1. Repetisi : mengualang kembali gagasan yang sudah disampaikan secara verbal Cont : anak yang menjawab mau diajak main ketaman hiburan anak anak akan mengiyakan sambil melompat senang 2. Subtitusi : menggantikan simbol/lambang verbal Cont:seseorang yang tidak setuju akan menggelengkan kepala 3. Kontradiksi : menolak sebuah pesan verbal dg memberikan makna lain menggunakan pesan nonverbal Cont:seseorang yg setuju dg mengiyakan & menganggukkan kepala saat diminta mendekat, tetapi tiba-tiba lari menjauh, bahasa tubuh menghindari kontak dg melarikan diri menandakan bahwa ia takut,kontradiktif mengiyakan dengan awal pesan verbalnya saat 4. Complement/Pelengkap : melengkapi dan memperkaya pesan nonverbal Cont: : air muka yang menunjukkan rasa sakit luar biasa tanpa mengeluarkan sepatah kata pun 5. Aksentuasi/Penegasan : menegaskan pesan verbal Cont : Mengangguk berarti setuju, kekesalan terhadap sesuatu diungkapkan dengan memukul meja,almari,pintu....

Wednesday 10 August 2011

Cara Membuat Read More / Baca Selengkapnya di Blogger

Biasanya postingan terbaru akan ditampilkan dihalaman utama blog. Namun jika postingan kamu terlalu panjang maka hal tersebut akan membuat penuh halaman utama. Jika kamu ingin supaya postingan kamu yang ditampilkan dihalaman utama cuma abstraksinya saja kemudian ada sebuah link Read More / Baca Selengkapnya untuk melihat selengkapnya maka ikutilah langkah-langkah berikut : 1. Buka menu Layout kemudian pilih Edit HTML. 2. Kasih tanda cek (centang) pada cekbox "expand widget template" 3. Cari kode berikut di Template blog kamu (tempatnya kira-kira pada 1/4 bagian bawah kode hmtl) :

4. Kalau sudah ketemu, Ganti kode kode tersebut sehingga menjadi seperti ini:

Read More......
Tulisan "Read More....." itu bisa kamu rubah, misalnya jadi "Baca Selengkapnya". 5. Simpan hasil pengeditan. 6. Kemudian pilih menu Setting lalu pilih Formatting 7. Pada kotak Post Template isikan kode berikut: 8. Kemudian Simpan. 9. Ketika memposting, kan disana ada 2 tab pilihan tuh, yang "Compose" dan "Edit Html", Nha km pilih Yang "Edit HTML", Maka secara otomatis akan tampak kode seperti berikut : 10. Letakkan abstraksi posting atau artikel yang akan ditampilkan dihalama utama (sebelum tulisan "Redmore") diatas kode ini : sementara sisanya yaitu keseluruhan posting letakkan di antara kode dan