Blogger October 2011 - suryahandayana
YAKIN & BERMANFAAT

Monday 24 October 2011

Tokoh HACKER Dunia yang di segani

Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya , terutama keamanan. Berikut beberapa Hacker Terbaik Dunia untuk saat ini : 1. Kevin Mitnick Kevin adalah hacker pertama yang wajahnya terpampang dalam poster “FBI Most Wanted”.Kevin juga seorang “Master of Deception” dan telah menulis buku yang berjudul “The Art of Deception”.Buku ini menjelaskan berbagai teknik social engineering untuk mendapatkan akses ke dalam sistem. 2. Linus Torvalds Seorang hacker sejati, mengembangkan sistem operasi Linux yang merupakan gabungan dari “LINUS MINIX”.Sistem operasi Linux telah menjadi sistem operasi “standar” hacker.Bersama Richard Stallman dengan GNU-nya membangun Linux versi awal dan berkolaborasi dengan programmer, developper dan hacker seluruh dunia untuk mengembangkan kernel Linux. 3. John Draper Penemu nada tunggal 2600 Herz menggunakan peluit plastik yang merupakan hadiah dari kotak sereal.Merupakan pelopor penggunaan nada 2600 Hz dan dikenal sebagai Phone Phreaker (Phreaker, baca: frieker)Nada 2600 Hz digunakan sebagai alat untuk melakukan pemanggilan telepon gratis.Pada pengembangannya, nada 2600 Hz tidak lagi dibuat dengan peluit plastik, melainkan menggunakan alat yang disebut “Blue Box”. 4. Mark Abene Sebagai salah seorang “Master of Deception” phiber optik, menginspirasikan ribuan remaja untuk mempelajari sistem internal telepon negara. Phiber optik juga dinobatkan sebagai salah seorang dari 100 orang jenius oleh New York Magazine. Menggunakan komputer Apple , Timex Sinclair dan Commodore 64. Komputer pertamanya adalah Radio Shack TRS-80 (trash-80). 5. Robert Morris Seorang anak dari ilmuwan National Computer Security Center yang merupakan bagian dari National Security Agencies (NSA). Pertama kali menulis Internet Worm yang begitu momental pada tahun 1988. Meng-infeksi ribuan komputer yang terhubung dalam jaringan. 6. Richard Stallman Salah seorang “Old School Hacker”, bekerja pada lab Artificial Intelligence MIT.Merasa terganggu oleh software komersial dan dan hak cipta pribadi.Akhirnya mendirikan GNU (baca: guhNew) yang merupakan singkatan dari GNU NOT UNIX.Menggunakan komputer pertama sekali pada tahun 1969 di IBM New York Scintific Center saat berumur 16 tahun. 7. Kevin Poulsen Melakukan penipuan digital terhadap stasiun radio KIIS-FM, memastikan bahwa ia adalah penelpon ke 102 dan memenangkan porsche 944 S2. 8. Ian Murphy Ian Muphy bersama 3 orang rekannya, melakukan hacking ke dalam komputer AT&T dan menggubah seting jam internal-nya.Hal ini mengakibatkan masyarakat pengguna telfon mendapatkan diskon “tengah malam” pada saat sore hari, dan yang telah menunggu hingga tengah malam harus membayar dengan tagihan yang tinggi. 9. Vladimir Levin Lulusan St. Petersburg Tekhnologichesky University.Menipu komputer CitiBank dan meraup keuntungan 10 juta dollar.Ditangkap Interpol di Heathrow Airport pada tahun 1995 10. Steve Wozniak Membangun komputer Apple dan menggunakan “blue box” untukkepentingan sendiri. 11. Tsutomu Shimomura Berhasil menangkap jejak Kevin Mitnick. 12. Dennis Ritchie dan Ken Thomson Dennis Ritchie adalah seorang penulis bahasa C, bersama Ken Thomson menulis sistem operasi UNIX yang elegan. 13. Eric Steven Raymond Bapak hacker. Seorang hacktivist dan pelopor opensource movement.Menulis banyak panduan hacking, salah satunya adalah: “How To Become A Hacker” dan “The new hacker’s Dictionary”. Begitu fenomenal dan dikenal oleh seluruh masyarakat hacking dunia.Menurut Eric, “dunia mempunyai banyak persoalan menarik danmenanti untuk dipecahkan”. 14. Johan Helsingius Mengoperasikan anonymous remailer paling populer didunia. Sumber : PC Linux Edisi Ekonomis 01/2009

Thursday 20 October 2011

Team Building Games: Helium Stick

Peralatan • Helium Stick yang tipis, ringan-berat, 10 kaki, dengan activity guide & facilitation notes Besar kelompok • Idealnya terdiri dari 8-10 orang tapi dapat dilakukan oleh 6-14 peserta Waktu Total waktu ~25 mins • ~5 menit briefing dan persiapan • ~10-15 menit problem-solving aktif (sampai berhasil) • ~10 menit diskusi Helium Stick • Sederhana dan menipu, tapi merupakan permainan yang memiliki kekuatan untuk mengajarkan cara bekerja sama dan berkomunikasi dalam kelompok berukuran kecil hingga sedang • Bagi kelompok kedalam dua barisan yang saling berhadapan • Perkenalkan Helium Stick – sebuah stick (batang) yang panjang, tipis, ringan. • Minta para peserta untuk mengeluarkan jari telunjuk mereka dan merentangkan tangan ke depan • Letakkan Helium Stick diatas jari mereka. Minta para anggota kelompok menyamakan tinggi jari tangan mereka hingga Helium Stick nya terentang lurus (horizontal) dan semua telunjuk menyentuh stick. • Jelaskan bahwa tantangannya adalah untuk menurunkan Helium Stick yang terentang diatas di atas jari-jari mereka hingga ke tanah. • The catch: Jari telunjuk tiap orang harus tetap menyentuh Helium Stick selama permainan berlangsung. Peserta dilarang menjepit atau memegang Helium Stick – Helium Stick harus terbaring lurus diatas jari-jari telunjuk semua peserta. • Selalu ingatkan para peserta bahwa jika ada satu jari telunjuk yang tertangkap tidak menyentuh Helium Stick, permainan akan diulang. Mulailah permainan… • Peringatan: Khususnya di stage awal permainan, Helium Stick memiliki kebiasaan misterius untuk ‘melayang’ keatas bukan ke bawah, mengundang banyak tawa. melontarkan sedikit lelucon akan membantu anda – misal, pura-pura kaget dan tanya peserta apa yang sedang mereka lakukan, mengapa Helium Stick diangkat ke atas dan bukan diturunkan seperti instruksi yang diberikan. Untuk mendramatisir, • Pada awal permainan para peserta dapat merasa bingung menghadapi sifat paradox Helium Stick • Beberapa kelompok atau beberapa peserta (kebanyakan terjadi pada kelompok besar) setelah 5 sampai 10 menit mencoba dapat condong untuk menyerah, karena merasa tantangan tersebut tidak mungkin bisa atau terlalu sulit dilakukan • Fasilitator dapat memberikan saran secara langsung atau minta peserta menghentikan permainan, mendiskusikan strategi dan mulai bermain kembali. • Kadang ada kelompok yang berhasil dengan sangat cepat. Awasi dengan ketat jangan sampai ada jari yang tidak menyentuh stick. Pastikan juga para peserta menurunkan stick hingga benar-benar menyentuh tanah. Anda dapat menambahkan tingkat kesulitan permainan dengan memasukkan ring di setiap ujung stick dan berikan keterangan kepada para peserta bahwa ring-ring tersebut tidak boleh sampai jatuh selama permainan berlangsung atau permainan akan diulang dari awal. • Pada akhirnya kelompok tersebut perlu menenangkan diri dan berkonsentrasi, dan dengan sangat pelan, dan dengan kesabaran tinggi mereka akan dapat menurunkan Helium Stick – lebih sulit dari yang anda bayangkan Bagaimana cara kerjanya? • Stick ini tidak mengandung helium. Rahasianya adalah (simpan hanya untuk anda) bahwa tekanan kolektif keatas yang dihasilkan oleh jari telunjuk setiap orang cenderung lebih besar daripada berat stick. Hasilnya, makin keras mereka mencoba menurunkannya, stick tersebut akan cenderung makin ‘melayang’ ke atas. Memproses Ide • Bagaimana reaksi awal yang diberikan kelompok tersebut? • Sebaik apa kelompok tersebut dapat mengatasi tantangan ini? • Skill apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan sebuah kelompok? • Solusi kreatif apa saja yang muncul dan bagaimana saran-saran tersebut diterima oleh yang lain? • Apa yang akan dilihat oleh seorang observer luar sebagai kekuatan dan kelemahan kelompok tersebut? • Apa yang dipelajari dari setiap anggota kelompok tentang dirinya sendiri sebagai seorang individu?
• Situasi nyata apa (misal, di sekolah atau di rumah) yang serupa dengan permainan Helium Stick Sumber: http://www.wilderdom.com

Thursday 6 October 2011

Carterpillar Race

Pendahulan dan Persiapan Caterpillar race atau balap ulat bulu dapat dimainkan di lapangan Peserta dipecah jadi 3 or 4 team, terdiri dari 7-10 orang, Instruksi - Peserta kita minta untuk membentuk formasi berbaris ke belakang dengan tangan dibahu, atau di pinggang atau berpelukan. - Tugas mereka adalah berjalan dengan teamnya dengan rute yg kita buatkan sebelumnya, bisa berupa lintasan dengan tali atau tanda-tanda patokan. - Tiap team harus bergerak secepatnya ke garis finish yg kita tentukan - Bagi Team yang barisannya rusak harus mulai lagi dari garis start. Target Team yang menjadi pemenang adalah yang pertama sampai di garis finish dengan utuh. Larangan - Larangan utama yaitu bahwa barisan tidak boleh putus. - Tidak boleh merusak formasi teamnya, misalnya tangan terlepas, terjatuh atau tertinggal sebagian. Variasi: - Lintasan dapat dibuat lurus atau berkelok-kelok. - Pergerakan bisa juga dibuat maju atau mundur, -
Bisa juga formasi lainnya, tergantung kondisi lapangan dan juga tingkat usia peserta

Team Building Games: LOG LINE

Pendahuluan dan Persiapan Permainan ini dimainkan di luar ruang menggunakan sebuah balok kayu yang dibuat sedemikian rupa agar tidak bergerak. Panjang balok tersebut 1,5 hingga 2 meter, dan sebaiknya yang agak besar agar agak tinggi dari permukaan tanah ketika dinaiki oleh peserta. Peserta yang akan bermain terdiri dari 6-10 orang, tergantung besar dan panjang balok. Instruksi dan petunjuk permainan - Pada awal permainan, kita minta seluruh anggota kelompok utk naik ke atas balok dan mereka harus saling membantu agar tidak terjatuh dari balok atau pun menginjak tanah. - Setelah semua naik di atas balok, kita mulai memberi instruksi dimana mereka harus berdiri berurutan sesuai instruksi yang kita minta. Misalkan saja, berdasarkan tanggal lahir, - Para Peserta harus mengatur barisan di atas balok tanpa boleh turun ke tanah, dari angka yg paling kecil ke angka yg paling besar. - Fasilitator menentukan mana yg menjadi bagian depan. Jika berhasil, lanjutkan dengan instruksi berikutnya, hingga 3 instruksi dapat mereka selesaikan dengan baik. Larangan Jika terjatuh pada salah satu tugas, maka dianggap gugur dan dilanjutkan dengan tugas kedua dan seterusnya. Variasi - Bisa saja instruksinya urutan tinggi badan, nomor rumah dll. -
Permainan ini dimainkan di luar ruang

Monday 3 October 2011

Folding Carpet

Pendahuluan dan Persiapan Games ini dimainkan dengan alat bantu sebuah karpet atau terpal plastik yang ukurannya 1 meter persegi untuk 8-10 orang. Ukuran karpet dapat disesuaikan dengan jumlah peserta yang akan ikut bermain maupun tingkat kesulitan yang ingin diberikan, lebih banyak peserta maka dibutuhkan karpet yang lebih luas. Instruksi - Pertama, seluruh peserta diminta naik ke atas karpet dan - Setelah aba-aba dimulai mereka harus dapat membalik karpet tersebut - Kelompok harus bekerja sama dalam menemukan cara dan kemudian membalik karpet tersebut. Target Kelompok yang paling cepat membalik karpet dianggap sebagai pemenang. Larangan dan Hukuman - Orang-orang yang berada di atas karpet tersebut tidak boleh turun ataupun menyentuh tanah. - Jika melakukan pelanggaran tersebut maka kelompok dianggap gagal melakukan tugasnya. -
Hukuman atas pelanggaran tersebut dapat diberikan berupa pengurangan nilai atau potongan waktu. Variasi Games dapat dimainkan di dalam maupun diluar ruangan.

Team Building Games: Hulahoop

Games ini dapat dalam kelompok, dengan jumlah anggota kelompok 6-10 orang. Hulahoop yang digunakan bisa yang terbuat dari rotan atau dari tali / webbing yg dibuat melingkar dengan diameter 1-1,5 meter. Petunjuk -Caranya hulahoop diletakkan di pundak salah satu anggota kelompok -Kemudian dengan didahului aba-aba, hulahoop tersebut harus berpindah dari satu anggota kelompok ke anggota yang lain sampai ke anggota keloompok yang terakhir, -Anggota kelompok boleh menggerakkan seluruh badan untuk membuat hulaoop tersebut bergerak, -Posisi peserta dapat dibuat melingkar atau berjajar atau berbaris ke belakang. Larangan: - Webbing / hulahoop tidak boleh dipegang atau digenggam oleh tangan anggota kelompok. Variasi - Sebagai variasi, perpindahan hulahoop dapat dibuat satu arah atau bisa juga bolak-balik. - Jika menggunakan tali/webbing, dapat juga divariasikan dengan menggunakan 2 hulahoop yang harus berpindah berlawanan arah. -
Untuk lebih meriah, permainan ini dapat dimainkan dalam format kompetisi dengan membentuk 2 atau 3 kelompok jika jumlah pesertanya mencukupi, dan mereka yang paling cepat yang menang.